10/08/20

Soal-soal kompetisi matematika Kangguru I

Kali ini saya akan membagi beberapa soal kompetisi matematika yang kangguru. Soal-soal kangguru saya pilh karena tingkat kesulitan soalnya tidak terlalu tinggi, tapi soal-soalnya tidak rutin untuk siswa di kelas. Oleh karena itu, harapannya soal-soal ini bisa dipakai sebagai inspirasi untuk guru dalam memberikan soal yang non-rutin bagi siswa.

Namun, sebelum saya memulainya ada baiknya kia kenalan dengan kompetisi matematika kangguru. Contoh soal bisa langsung di download di https://mathkangaroo.ca/samples/2015/en . Dalam kesempatan ini hanya akan saya pilih soal-soal yang berkaitan dengan geometri saja.

Di sini akan ditulis versi bahasa inggris dan arti/ terjemahan dari soal tersebut 

1.       The figure shows a board where each small square has an area of 4 cm2. What is the length of the thick black line? [gambar di bawah menunjukan sebuah papan yang terdiri atas berbagai persegi kecil dengan ukuran luas masing-masing 4 cm2. Berapakah panjang dari garis tebal yang ada pada papan?]



(A) 16 cm (B) 18 cm (C) 20 cm (D) 21 cm (E) 36 cm

(Kanggaroo 2015 grade 5-6)

 

2.       In the picture, the rectangle ABCD is constructed from four identical rectangles. If the length of the segment  BC is 1 cm, what is the length of the segment AB? [pada gambar di bawah, persegipanjang ABCD dibentuk dari empat buah persegipanjang yang identik. Jika panjang dari segmen BC adalah 1 cm, berapakah panjang segmen AB?]

 

(A) 4 cm (B) 3 cm (C) 2 cm (D) 1 cm (E) 0.5 cm

(Kanggaroo 2015 grade 5-6)

 

3.       A rectangle has an area of 12 cm2. Its sides are of integer lengths in centimetres. Which of the following values could be the perimeter of the rectangle? [Sebuah persegipanjang memiliki luas 12 cm2. Masing-masing sisinya memiliki panjang berupa bilangan bulat dengan satuan sentimeter. Dari nilai di bawah ini, manakah yang mungkin menjadi keliling dari persegipanjang?]

 

(A) 20 cm (B) 26 cm (C) 28 cm (D) 32 cm (E) 48 cm

(Kanggaroo 2015 grade 5-6)

 

4.       Tom used 6 squares with sides of length 1 to form the shape in the picture. What is the perimeter of the shape? [Tom menggunakan enam buah persegi yang identik untuk membentuk bangun seperti pada gambar. Masing-masing persegi memiliki panjang 1 satuan. Berapakah keliling dari bangun yang terbentuk?]

(A) 13 (B) 12 (C) 11 (D) 10 (E) 9

(Kanggaroo 2015 grade 5-6)

 

 

5.       Square paper sheets of two sizes are needed for an art project. How many of the smaller sheets are needed to cover one of the larger sheets if it is known that the perimeter of one of the larger sheets is eight times as great as the perimeter of one of the smaller sheets? [sebuah proyek seni membutuhkan kertas berbentuk persegi dengan dua ukuran. Keliling sebuah persegi besar delapan kali lebih besar dari keliling sebuah persegi kecil. Berapa banyak lembar persegi kecil yang dibutuhkan untuk menutup selembar persegi besar?]

 

(A) 64 (B) 48 (C) 32 (D) 16 (E) 8

(Kanggaroo 2015 grade 5-6)

 

 

6.       Basil used small cubes with side 1 to construct a cube with side 4. After that, he painted 3 faces of the big cube red and the other 3 faces blue. After he finished, there was no small cube with 3 red faces. How many small cubes have both red and blue faces? [Basil menggunakan kubus kecil dengan rusuk yang berukuran 1 satuan untuk Menyusun sebuah kubus dengan panjang rusuk 4 satuan. Setelah itu, dia mewarnai tiga permukaan dari kubus besar dengan warna merah dan permukaan lainnya dengan warna biru. Setelah dia selesai, Basil menyadari bahwa tidak ada sebuah persegi kecil pun yang tiga permukaannya dicat warna merah. Berapa banyak kubus kecil yang memiliki permukaan berwarna merah dan biru?]

 

(A) 0 (B) 8 (C) 12 (D) 24 (E) 32

(Kanggaroo 2015 grade 5-6)

 

Itu adalah soal-soal geometri yang ada di sample paper kangguru tahun 2015 untuk grade 5-6. Semoga bisa menjadi ide untuk dikembangkan di kelas matematika nantinya agar soal yang diberikan tidak hanya soal yang  sesuai contoh soal. Soal-soal dari kangguru ini bisa dipakai untuk mengajak anak berpikir dan menganalisis permasalahan atau bahkan mempraktekan permasalahan yang ada. Harapannya, pembelajaran jadi semakin seru karena bisa ada diskusi yang bisa dilakukan antara guru dengan siswa, ataupun antar siswa.  

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar