Kali ini saya akan membagi beberapa soal kompetisi matematika yang kangguru. Soal-soal kangguru saya pilh karena tingkat kesulitan soalnya tidak terlalu tinggi, tapi soal-soalnya tidak rutin untuk siswa di kelas. Oleh karena itu, harapannya soal-soal ini bisa dipakai sebagai inspirasi untuk guru dalam memberikan soal yang non-rutin bagi siswa.
Namun, sebelum saya memulainya ada baiknya kia kenalan dengan kompetisi matematika kangguru. Contoh soal bisa langsung di download di https://mathkangaroo.ca/samples/2015/en . Dalam kesempatan ini hanya akan saya pilih soal-soal yang berkaitan dengan geometri saja.
Di sini akan ditulis versi bahasa inggris dan arti/ terjemahan dari soal tersebut
1. The figure shows a board where each small square has an area of 4 cm2. What is the length of the thick black line? [gambar di bawah menunjukan sebuah papan yang terdiri atas berbagai persegi kecil dengan ukuran luas masing-masing 4 cm2. Berapakah panjang dari garis tebal yang ada pada papan?]
(A) 16 cm (B) 18 cm (C)
20 cm (D) 21 cm (E) 36 cm
(Kanggaroo
2015 grade 5-6)
2.
In
the picture, the rectangle ABCD is constructed from four identical
rectangles. If the length of the segment BC is 1 cm, what is the length of the segment AB?
[pada gambar di bawah, persegipanjang ABCD dibentuk
dari empat buah persegipanjang yang identik. Jika panjang dari segmen BC adalah
1 cm, berapakah panjang segmen AB?]
(A) 4 cm (B) 3 cm (C) 2
cm (D) 1 cm (E) 0.5 cm
(Kanggaroo
2015 grade 5-6)
3.
A rectangle has an area
of 12 cm2. Its sides are of integer lengths in centimetres. Which of the
following values could be the perimeter of the rectangle? [Sebuah persegipanjang
memiliki luas 12 cm2. Masing-masing sisinya memiliki panjang berupa bilangan
bulat dengan satuan sentimeter. Dari nilai di bawah ini, manakah yang mungkin
menjadi keliling dari persegipanjang?]
(A) 20 cm (B) 26 cm (C) 28 cm (D) 32 cm (E) 48 cm
(Kanggaroo
2015 grade 5-6)
4.
Tom
used 6 squares with sides of length 1 to form the shape in the picture. What is
the perimeter of the shape? [Tom menggunakan enam buah persegi yang identik untuk
membentuk bangun seperti pada gambar. Masing-masing persegi memiliki panjang 1
satuan. Berapakah keliling dari bangun yang terbentuk?]
(A) 13 (B) 12 (C) 11 (D) 10 (E) 9
(Kanggaroo
2015 grade 5-6)
5.
Square
paper sheets of two sizes are needed for an art project. How many of the
smaller sheets are needed to cover one of the larger sheets if it is known that
the perimeter of one of the larger sheets is eight times as great as the
perimeter of one of the smaller sheets? [sebuah proyek
seni membutuhkan kertas berbentuk persegi dengan dua ukuran. Keliling sebuah persegi
besar delapan kali lebih besar dari keliling sebuah persegi kecil. Berapa banyak
lembar persegi kecil yang dibutuhkan untuk menutup selembar persegi besar?]
(A) 64 (B) 48 (C) 32 (D) 16 (E) 8
(Kanggaroo
2015 grade 5-6)
6.
Basil
used small cubes with side 1 to construct a cube with side 4. After that, he
painted 3 faces of the big cube red and the other 3 faces blue. After he
finished, there was no small cube
with 3 red faces. How many small cubes have both red and blue faces? [Basil
menggunakan kubus kecil dengan rusuk yang berukuran 1 satuan untuk Menyusun sebuah
kubus dengan panjang rusuk 4 satuan. Setelah itu, dia mewarnai tiga permukaan
dari kubus besar dengan warna merah dan permukaan lainnya dengan warna biru. Setelah
dia selesai, Basil menyadari bahwa tidak ada sebuah persegi kecil pun yang tiga
permukaannya dicat warna merah. Berapa banyak kubus kecil yang memiliki
permukaan berwarna merah dan biru?]
(A) 0 (B) 8 (C) 12 (D) 24 (E) 32
(Kanggaroo
2015 grade 5-6)
Itu adalah
soal-soal geometri yang ada di sample paper kangguru tahun 2015 untuk grade 5-6.
Semoga bisa menjadi ide untuk dikembangkan di kelas matematika nantinya agar soal
yang diberikan tidak hanya soal yang sesuai contoh soal. Soal-soal dari kangguru
ini bisa dipakai untuk mengajak anak berpikir dan menganalisis permasalahan
atau bahkan mempraktekan permasalahan yang ada. Harapannya, pembelajaran jadi
semakin seru karena bisa ada diskusi yang bisa dilakukan antara guru dengan
siswa, ataupun antar siswa.
0 komentar:
Posting Komentar