04/08/20

Dadu dan Aritmatika: Belajar sambil bermain

Seperti yang telah dibahas pada post yang sebelumnya, dadu tidak hanya digunakan untuk bermain ular tangga atau monopoli saja. Dadu pun tidak hanya yang bersisi enam saja. Guru dapat memanfaatkan dadu untuk berbagai kegiatan yang dapat mengasah kemampuan aritmatika siswa. dalam post ini akan dibahas mengenai beberapa ide yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk bermain dan belajar di kelas matematika. ide permainan ini di dapatkan lewat beberapa sumber.

Untuk melihat ragam dadu yang ada bisa di klik di sini

Template dadu sisi 10  tanpa angka , dengan angka

 

A.     Enam titik (Dotty six)

Alat

1 buah dadu sisi 6

 

Persiapan

Buat kotak grid seperti gambar di bawah



 Permainan

1.       Secara bergantian melempar dadu dan menggambar titik pada kotak dalam grid setelah pelemparan.

2.       Semua titik dadu harus berada pada satu kotak. Misalnya dadu menunjukan sisi lima, sehingga harus menggambar lima titik di salah satu kotak, tidak boleh dipisah.

3.       Setiap kotak hanya dapat berisi maksimal enam titik saja.

4.       Ketika tidak dapat mengisikan titik pada kotak, maka pemain kehilangan giliran.

5.       Ketika sebuah kotak sudah penuh terisi enam kotak, maka beri tanda centang. Seperti contoh

6.       Lakukan hingga ada tiga centang sebaris atau sekolom.

7.       Pemenang adalah yang pertama berhasil melakukan langkah 5.

 

Alternatif:

ð  Maksimal titik pada masing-masing kotak dapat divariasikan

ð  Dadu yang dipakai dapat diganti jenis dadu yang lain

ð    Grid yang dipakai dapat diperbesar 

 

Sumber https://nrich.maths.org/7337/note

 

B.      Dicey addition (Dadu Penjumlahan)

Permainan untuk 2- 4 orang

Alat :

1 dadu sisi 10  (dengan tulisan 0-9 di sisinya). Jika tidak memiliki dadu sisi 10, template dadu di atas dapat digunakan untuk membuat dadu sendiri.

 

Persiapan

Buat kotak penjumlahan seperti yang ada pada gambar di bawah

 


Permaianan

1.       Masing-masing orang  melemparkan secara secara bergantian.

2.       Masing-masing menuliskan angka yang muncul dari dadu yang dilempar dalam kotak penjumlahan (pada kotak yang dijumlahkan). Angka langsung dituliskan setela dadu dilempar.

3.       Perlu diingat angka tidak boleh ditukar tempat.

4.       Dadu dilempar sebanyak empat kali

5.       Setiap sehabis melemparkan dadu, angka yang muncul harus ditulis di kotak penjumlahan yang telah dibuat. Perlu diingat bahwa angka yang sudah diletakkan tidak boleh ditukar.

6.       Setelah, semua angka terisikan pada kotak, masing-masing menjumlahkan hasil bilangan yang diperoleh.

7.       Siapapun yang memperoleh hasil paling mendekati 100 yang mendapatkan poin.

8.       Masing-masing menuliskan poin penalty yang diperoleh dari selisih hasil penjumlahan dengan seratus.

Misalnya,

hasil penjumlahan adalah 112. Maka poin pinaltinya adalah 12

Hasil penjumlahan adalah 83, maka poin pinaltinya adalah 17.

9.       Pemenang adalah yang mendapatkan poin tertinggi setelah 10 kali permaian.

10.   (alternatif menentukan pemenang) yang kalah adalah yang jumlah poin pinaltinya mencapai 500 terlebih dulu.

 

Alternatif permainan:

ð  dadu langsung dilempar empat kali secara bergantian, jadi keempat angka dapat diketahui  langsung baru dituliskan ke dalam kotak. Sehingga,  masing-masing dapat menentukan diletakan di mana keempat angka tersebut. Setelah itu permainan berjalan seperti permaianan sebelumnya.

ð  Hasil jumlahan dapat divariasikan (tidak harus 100)

 

Sumber https://nrich.maths.org/11863

 

C.      Dicey Operation Adition

Permainan untuk 2 - 4 orang

Alat :

dadu sisi 10  (dengan tulisan 0-9 di sisinya) atau dadu sisi 6 (lebih baik menggunakan dadu sisi 10).

 

Persiapan

 Buat kotak penjumlahan seperti di bawah ini

Permainan

1.       Masing-masing melemparkan secara secara bergantian.

2.       Masing-masing menuliskan angka yang muncul dari dadu yang dilempar dalam kotak penjumlahan (pada kotak yang dijumlahkan). Angka langsung dituliskan setela dadu dilempar.

3.       Perlu diingat angka tidak boleh ditukar tempat.

4.       Dadu dilempar sebanyak sembilan kali

5.       Setiap sehabis melemparkan dadu, angka yang muncul harus ditulis di kotak penjumlahan yang telah dibuat. Perlu diingat bahwa angka yang sudah diletakkan tidak boleh ditukar.

6.       Setelah, semua angka terisikan pada kotak, masing-masing menjumlahkan hasil bilangan yang diperoleh.

7.       Siapapun yang memperoleh hasil paling mendekati 1000 yang mendapatkan poin.

8.       Masing-masing menuliskan poin penalty yang diperoleh dari selisih hasil penjumlahan dengan 1000 (bilangan target).

Misalnya,

hasil penjumlahan adalah 1132. Maka poin pinaltinya adalah 132

Hasil penjumlahan adalah 965, maka poin pinaltinya adalah 35

9.       Pemenang adalah yang mendapatkan poin tertinggi setelah 10 kali permaian.

10.   (alternatif menentukan pemenang) yang kalah adalah yang jumlah poin pinaltinya mencapai 5000 terlebih dulu.

Alternatif permainan:

ð  Hasil target penjumlahan dapat divariasikan tidak harus 1.000

Sumber https://nrich.maths.org/13261

 

D.      Dicey Operation Subtraction

Permainan untuk 2 - 4 orang

Alat :

dadu sisi 10  (dengan tulisan 0-9 di sisinya) atau dadu sisi 6 (lebih baik menggunakan dadu sisi 10).

 

Persiapan

 Buat kotak pengurangan seperti di bawah ini


 

Permainan

1.       Masing-masing melemparkan secara secara bergantian.

2.       Masing-masing menuliskan angka yang muncul dari dadu yang dilempar dalam kotak pengurangan (pada kotak yang dikurangkan). Angka langsung dituliskan setela dadu dilempar.

3.       Perlu diingat angka tidak boleh ditukar tempat.

4.       Dadu dilempar sebanyak delapan kali

5.       Setiap sehabis melemparkan dadu, angka yang muncul harus ditulis di kotak pengurangan yang telah dibuat. Perlu diingat bahwa angka yang sudah diletakkan tidak boleh ditukar.

6.       Setelah, semua angka terisikan pada kotak, masing-masing mengurangkan hasil bilangan yang diperoleh.

7.       Siapapun yang memperoleh hasil paling mendekati 1000 yang mendapatkan poin.

8.       Masing-masing menuliskan poin penalty yang diperoleh dari selisih hasil pengurangan dengan 1000 (bilangan target).

Misalnya,

hasil pengurangan adalah 1132. Maka poin pinaltinya adalah 132

Hasil pengurangan adalah 965, maka poin pinaltinya adalah 35

9.       Pemenang adalah yang mendapatkan poin tertinggi setelah 10 kali permaian.

10.   (alternatif menentukan pemenang) yang kalah adalah yang jumlah poin pinaltinya mencapai 5000 terlebih dulu.

Alternatif permainan:

ð  Hasil target pengurangan dapat divariasikan tidak harus 1.000

ð  Hasil target pengurangan dapat berupa bilangan negatif.

Sumber https://nrich.maths.org/13261


E.       Dicey operation Multiplication 1

Permainan untuk 2 - 4 orang

Alat :

dadu sisi 10  (dengan tulisan 0-9 di sisinya) atau dadu sisi 6 (lebih baik menggunakan dadu sisi 10).

 

Persiapan

 Buat kotak perkalian seperti di bawah ini

 

 Permainan

1.       Masing-masing melemparkan secara secara bergantian.

2.       Masing-masing menuliskan angka yang muncul dari dadu yang dilempar dalam kotak perkalian (pada kotak yang dikalikan). Angka langsung dituliskan setela dadu dilempar.

3.        Perlu diingat angka tidak boleh ditukar tempat.

4.       Dadu dilempar sebanyak empat kali

5.       Setiap sehabis melemparkan dadu, angka yang muncul harus ditulis di kotak perkalian yang telah dibuat. Perlu diingat bahwa angka yang sudah diletakkan tidak boleh ditukar.

6.       Setelah, semua angka terisikan pada kotak, masing-masing mengalikan bilangan yang diperoleh.

7.       Siapapun yang memperoleh hasil paling mendekati 1000 yang mendapatkan poin.

8.       Masing-masing menuliskan poin penalty yang diperoleh dari selisih hasil perkalian dengan 1000 (bilangan target).

Misalnya,

hasil perkalian adalah 1132. Maka poin pinaltinya adalah 132

Hasil perkalian adalah 965, maka poin pinaltinya adalah 35

9.       Pemenang adalah yang mendapatkan poin tertinggi setelah 10 kali permaian.

10.   (alternatif menentukan pemenang) yang kalah adalah yang jumlah poin pinaltinya mencapai 5000 terlebih dulu.

Alternatif permainan:

ð  Hasil target perkalian dapat divariasikan tidak harus 1.000

Sumber https://nrich.maths.org/13261


F.       Dicey operation Multiplication 2

Permainan untuk 2 - 4 orang

Alat :

dadu sisi 10  (dengan tulisan 0-9 di sisinya) atau dadu sisi 6 (lebih baik menggunakan dadu sisi 10).

 

Persiapan

 Buat kotak perkalian seperti di bawah ini

 

 

Permainan

1.       Masing-masing melemparkan secara secara bergantian.

2.       Masing-masing menuliskan angka yang muncul dari dadu yang dilempar dalam kotak perkalian (pada kotak yang dikalikan). Angka langsung dituliskan setela dadu dilempar.

3.       Perlu diingat angka tidak boleh ditukar tempat.

4.       Dadu dilempar sebanyak lima kali

5.       Setiap sehabis melemparkan dadu, angka yang muncul harus ditulis di kotak perkalian yang telah dibuat. Perlu diingat bahwa angka yang sudah diletakkan tidak boleh ditukar.

6.       Setelah, semua angka terisikan pada kotak, masing-masing mengalikan bilangan yang diperoleh.

7.       Siapapun yang memperoleh hasil paling mendekati 10000 yang mendapatkan poin.

8.       Masing-masing menuliskan poin penalty yang diperoleh dari selisih hasil perkalian dengan 10000 (bilangan target).

Misalnya,

hasil perkalian adalah 11132. Maka poin pinaltinya adalah 1.132

Hasil perkalian adalah 9065, maka poin pinaltinya adalah 935

9.       Pemenang adalah yang mendapatkan poin tertinggi setelah 10 kali permaian.

10.   (alternatif menentukan pemenang) yang kalah adalah yang jumlah poin pinaltinya mencapai 10000 terlebih dulu.

Alternatif permainan:

ð  Hasil target perkalian dapat divariasikan tidak harus 10.000

ð  Bisa divariasikan dengan menggunakan bilangan decimal, dengan bilangan target yang disesuaikan.

Sumber https://nrich.maths.org/13261


G.      Dicey operation Division 1

Permainan untuk 2 - 4 orang

Alat :

dadu sisi 10  (dengan tulisan 0-9 di sisinya) atau dadu sisi 6 (lebih baik menggunakan dadu sisi 10).

 

Persiapan

 Buat kotak pembagian seperti di bawah ini

  

Permainan

1.       Masing-masing melemparkan secara secara bergantian.

2.       Masing-masing menuliskan angka yang muncul dari dadu yang dilempar dalam kotak pembagian (pada kotak yang dibagi). Angka langsung dituliskan setela dadu dilempar.

3.       Perlu diingat angka tidak boleh ditukar tempat.

4.       Dadu dilempar sebanyak lima kali

5.       Setiap sehabis melemparkan dadu, angka yang muncul harus ditulis di kotak pembagian yang telah dibuat. Perlu diingat bahwa angka yang sudah diletakkan tidak boleh ditukar.

6.       Setelah, semua angka terisikan pada kotak, masing-masing melakukan pembagian pada bilangan yang diperoleh.  sisa hasil pembagian dapat diabaikan,

7.       Siapapun yang memperoleh hasil paling mendekati 1000 yang mendapatkan poin.

8.       Masing-masing menuliskan poin penalty yang diperoleh dari selisih hasil pembagian dengan 1000 (bilangan target).

Misalnya,

hasil pembagian adalah 1132. Maka poin pinaltinya adalah 1132

Hasil perkalian adalah 965, maka poin pinaltinya adalah 35

9.       Pemenang adalah yang mendapatkan poin tertinggi setelah 10 kali permaian.

10.   (alternatif menentukan pemenang) yang kalah adalah yang jumlah poin pinaltinya mencapai 5000 terlebih dulu.

Alternatif permainan:

ð  Hasil target perkalian dapat divariasikan tidak harus 1.000

ð  Bisa divariasikan dengan melibatkan bilangan decimal, untuk hasil pembagian

Sumber https://nrich.maths.org/13261

 

H.      Dicey operation Division 2

Permainan untuk 2 - 4 orang

Alat :

dadu sisi 10  (dengan tulisan 0-9 di sisinya) atau dadu sisi 6 (lebih baik menggunakan dadu sisi 10).

 

Persiapan

 Buat kotak pembagian seperti di bawah ini

 

 

Permainan

1.   Masing-masing melemparkan secara secara bergantian.

2.   Masing-masing menuliskan angka yang muncul dari dadu yang dilempar dalam kotak pembagian (pada kotak yang dibagi). Angka langsung dituliskan setela dadu dilempar.

3.   Perlu diingat angka tidak boleh ditukar tempat.

4.   Dadu dilempar sebanyak enam kali

5.   Setiap sehabis melemparkan dadu, angka yang muncul harus ditulis di kotak pembagian yang telah dibuat. Perlu diingat bahwa angka yang sudah diletakkan tidak boleh ditukar.

6.   Setelah, semua angka terisikan pada kotak, masing-masing melakukan pembagian pada bilangan yang diperoleh.  sisa hasil pembagian dapat diabaikan,

7.   Siapapun yang memperoleh hasil paling mendekati 100 yang mendapatkan poin.

8.   Masing-masing menuliskan poin penalty yang diperoleh dari selisih hasil pembagian dengan 100 (bilangan target).

Misalnya,

hasil pembagian adalah 132. Maka poin pinaltinya adalah 132

Hasil perkalian adalah 65, maka poin pinaltinya adalah 35

9.   Pemenang adalah yang mendapatkan poin tertinggi setelah 10 kali permaian.

10.   (alternatif menentukan pemenang) yang kalah adalah yang jumlah poin pinaltinya mencapai 500 terlebih dulu.

Alternatif permainan:

ð  Hasil target perkalian dapat divariasikan tidak harus 100

ð  Bisa divariasikan dengan melibatkan bilangan decimal, untuk hasil pembagian

Sumber https://nrich.maths.org/13261

 


Nah, permainan-permainan ini dapat divariasikan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan dari masing-masing siswa. bahkan idenya dapat dipakai untuk permainan saat covid seperti sekarang ini. 

selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar