Sudoku adalah permainan melibatkan angka yang sangat terkenal dan banyak orang yang telah tahu. Namun, tahukah kamu ada permaian sejenis yang ada, yaitu Ken ken. nah bedanya, bisa dilihat digambar di bawah.
sudoku \(9 \times 9\)
|
Kenken \(4 \times 4 \) |
Mirip dengan
sudoku, ken ken juga merupakan permainan yang meletakan angka tertentu pada suatu
cell (kotak) agar tidak sama dengan kotak sekolom, maupun sebaris. Namun, berbeda
dengan sudoku yang bersisi 81 kotak dari \(9 \times 9\) kotak, ken ken berisi kotak yang jauh bervariasi,
mulai dari \(3 \times 3\) hingga \(9\times 9\) . Ada satu lagi yang berbeda dengan sudoku, jika dalam
sudoku persoalan diberikan dengan meletakan angka-angka lain (lihat gambar di
atas), pada ken ken soal muncul dengan memberikan bilangan hasil pengoperasian
dan operasinya (lihat gambar di bawah).
Kenken merupakan
nama puzzle yang sudah dihakciptakan oleh seorang guru dari jepang Tetsuya
Miyamoto. Tujuan Tetsuya Miyamoto menciptakan puzzle ini adalah agar dapat menciptakan
puzzle yang tidak membutuhkan instruksi untuk melatih otak (KenKen, n.d). Lebih
jauh, Tetsuya Miyamoto seperti yang dikutip Reiter, Thornton dan Vennebush
(2013) menyatakan pandangannya bahwa ketika kita memberikan material belajar
yang baik, mereka akan dapat berpikir dan belajar serta berkembang dengan sendirinya.
Pandangan Tetsuya Miyamoto ini berimplikasi bahwa ketika kita ingin mengembangkan
pemikiran anak atau siswa kita harus sudah menyiapkan berbagai material yang
baik.
Kenken dianggap
sebagai satu puzzle yang dapat membantu dalam mengembangkan sikap pantang
menyerah serta stamina siswa, bahkan dalam kelas kenken dipercaya dapat
mengembangkan kemampuan seperti pemecahan masalah, penalaran dan komunikasi
(Reiter dkk, 2013). Lebih jauh Reiter dkk (2016) karena ken ken memiliki
berbagai macam tingkat kesulitan maka kenken dapat digunakan tidak hanya dalam
pembelajaran di kelas baik tingkat dasar ataupun menengah bahkan untuk mahasiswa
perguruan tinggi.
Dengan demikian,
dapat kita simpulkan bahwa game ini dapat dimainkan untuk berbagai kalangan dan
usia. Dengan catatan tentunya pemain sudah dapat melakukan operasi aritmatika. Hal
ini disebabkan Kenken tidak hanya membutuhkan logika saja, tetapi juga
membutuhkan kemampuan penalaran dengan bilangan dan operasi aritmatika seperti
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Sehingga tidak mengherankan
jika bermain dengan KenKen dipercaya dapat membantu menumbuhkan number
sense.
Bagi yang
tertarik untuk menggunakan permainan ini dalam pembelajaran, tidak perlu bingung
karena sudah banyak yang membagikan soal-soal kenken ini di internet. Berikut adalah
beberpa link yang mungkin dapat dicoba.
Krazydad.com adalah web yang menyediakan soal kenken yang bisa diunduh dan dicetak. Linknya dapat dibuka di sini
Kenkenpuzzle.com adalah website yang juga menyediakan
soal permainan ini. Namun, berbeda dengan krazydad.com di mana permainan dapat
diunduh, pada kenkenpuzzle.com permainan dimainkan secara daring. Link untuk ke
web ini dapat diklik di sini
Nah, website newdoku.com berbeda dengan krazydad.com dan kenkenpuzzle.com. newdoku.co menyediakan soal dalam dua bentuk, yang satu bisa diunduh, yang satu bisa dimainkan secara daring. Jadi, bisa langsung kunjungi saja websitenya di sini
Selain tiga web yang dishare, masih ada
banyak lagi web yang lainnya. Silakan dibrowsing sendiri. Sayangnya, kebanyakan websitenya berbahasa inggris, tapi
jangan gentar ya. Untuk kebaikan siswa dan anak, bahasa inggris aja maaah
lewat. ^^
sumber
Kenken. (n.d). In
Wikipedia. Diakses tanggal 08 Agustus 2020, dari https://en.wikipedia.org/wiki/KenKen.
Reiter, H. B.,
Thornton, J., & Vennebush, G. P. (2013). Using KenKen to build reasoning
skills. The Mathematics Teacher, 107(5), 341-347.
0 komentar:
Posting Komentar