03/08/20

Dadu: tidak sekedar ular tangga


Berbentuk kubus dengan titik-titik di masing-masing permukaannya adalah benda yang tidak asing bagi banyak orang. Banyak permainan yang menggunakan benda ini. Dadu. Yups, benda yang dipakai untuk menentukan banyaknya langkah ini sudah dikenal oleh banyak kalangan.

banyak permainan yang memanfaatkan dadu ini mulai dari ular tangga, monopoli, ludo, dan banyak permainan lainnya. Kubus bersisi enam adalah dadu yang paling umum digunakan. Varian paling umum adalah yang masing-masing sisinya berisi titik dari 1 hingga enam saja. Namun, sebenarnya ada dadu dengan banyak sisi lain yang bisa digunakan untuk bermain bahkan di kelas matematika. Namun, ada dadu bukan dengan sisi 6 saja. seperti gambar di bawah.

Untuk dadu bersisi 4, 6, 8, 10, 12, 20 adalah dadu yang dengan mudah bisa dicari bahkan jika mencari di situs belanja daring. Harga dadu-dadu tersebut pun cukup terjangkau. jadi, jika ingin membeli untuk koleksi maupun belajar bisa dilakukan dengan cukup mudah. Namun, sayangnya ada dadu yang lebih sulit dicari bahkan lebih mahal harganya dari dadu biasa.  

agar lebih mengena, berikut adalah gambar dadu dengan permukaan yang bermacam-macam yang diperoleh dari berbagai sumber. 


Dadu sisi empat (D4)

Dadu sisi delapan (D8)

 Dadu sisi sepuluh (D10) 

Dadu sisi duabelas (D12) 

Dadu sisi enambelas (D16)

Dadu sisi duapuluh (D20)
Dadu sisi dua puluh empat (D24) 
Dadu sisi tiga puluh (D30)

Dadu sisi tiga puluh dua (D32) 
Dadu sisi tiga puluh enam (D36)
Dadu sisi empat puluh delapan (D48)

Dadu sisi lima puluh (D50)


Dadu sisi enam puluh (D60)

Dadu sisi seratus (D100)

Dadu sisi seratus dua puluh (D120) 

Selain dadu yang bersisi banyak, dadu bersisi enam pun bisa divariasikan sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran di kelas. Mulai dari penambahan operasi, hingga pecahan. Bahkan, ada yang menggunakan persamaan sebagai pengganti muka dari permukaan dadu. Berikut adalah contoh dari dadu-dadu tersebut.

Dadu representasi pecahan 
Dadu Pecahan 


Dadu Pecahan


Dadu Operasi matematika

Dadu Operasi Matematika

Jadi, dadu tidak hanya sekedar bermata enam untuk ular tangga saja bukan?  


0 komentar:

Posting Komentar