03/08/20

Game 24: Sebuah Game Sederhana Untuk Operasi Aritmatika

Mungkin tidak banyak yang tahu mengenai game yang satu ini, padahal game ini merupakan game yang cukup menarik untuk dipakai dalam kelas matematika. Game ini merupakan game yang berkaitan dengan operasi campuran aritmatika. Game ini dapat dimainkan dua hingga empat orang. Namun, dapat pula dimanfaatkan guru sebagai persoalan yang dapat dimanfaatkan guru dalam pembelajaran.

Aturan permainan ini cukup sederhana. Seseorang hanya perlu menggunakan semua bilangan yang ada pada soal sekali dan menggunakan operasi aritmatika baik itu penjumlahan, pengurangan, perkalian, ataupun pembagian untuk dapat memperoleh hasil 24 seperti namanya. Seseorang juga dapat menggunakan tanda kurung untuk menandai operasi yang harus dilakukan terlebih dulu. Semua soal yang ada dapat dioperasikan untuk memperoleh 24. terdapat beberapa tingkatan dalam game ini tergantung dari kartu soal yang didownload

Bisa dikatakan bahwa soal-soal dalam game ini adalah soal yang dapat memfasilitasi berpikir kreatif. Karena soal-soal ini merupakan soal open ended di mana solusi dari soal-soalnya tidak unik. Jadi, satu soal yang sama dapat memiliki dua atau lebih solusi.  Dengan demikian, siswa dapat diminta untuk mencari lebih dari satu penyelesaian dari sebuah soal. Berikut adalah contoh salah satu kartu soal dari game 24.

Dari kartu soal di atas, dapat dilihat bahwa seseorang harus mengoperasikan bilangan 2, 4, 3, dan 6 untuk mendapatkan bilangan 24. Berikut adalah jawaban yang mungkin dari soal di atas

\begin{align} 3 \times 6 + 4 + 2 \end{align}
\begin{align} 2 \times 4 \times (6-3) \end{align}
\begin{align} 6 \times 4 \times (3-2) \end{align}
\begin{align} 6 \times 4 \div (3-2) \end{align}
\begin{align} 6 \times 2 + 4 \times 3 \end{align}

Bisa dilihat bahwa terdapat banyak jawaban yang bisa dari soal yang diberikan. Dengan demikian, game ini tidak hanya cocok untuk permainan grup melainkan dapat digunakan dalam kelas. Siswa dapat diajak untuk menebak solusi dan guru dapat meminta siswa untuk menemukan solusi lain dari jawaban yang telah diberikan oleh temannya. Hal ini dapat menghidupkan suasana kelas dan mengajak siswa untuk lebih aktif dalam kelas.

Hanya saja perlu diingat bahwa siswa harus sudah belajar mengenai operasi aritmatika campuran. Jadi, game ini dapat menjadi sebuah permainan yang cukup powerful dalam kelas matematika, dengan catatan siswa telah belajar mengenai operasi campuran.

Berikut adalah game 24 yang dapat di cetak

Berikut adalah contoh slide power point yang dapat digunakan untuk di kelas.


0 komentar:

Posting Komentar