23/09/13

Belajar sambil nge'Net'


“Belajar dari mana saja dan kapan saja” bisa jadi adalah ungkapan yang pas untuk mengistilahkan penggunaan Applet berikut dalam proses belajar.  Apalagi dalam belajar ilmu yang cukup ditakuti oleh siswa, matematika. Banyak applet di internet yang bisa digunakan sebagai alat bantu dalam mengajar dan belajar. Namun, sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya jika kita mengenal lebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Applet.

Menurut Wikipedia, applet merupakan sebuah aplikasi kecil yang ditulis dalam bahasa pemrograman java. Pengguna menggunakan java applet dari sebuah halaman web, yang kemudian digunakan dalam Java Virtual Machine yang prosesnya terpisa dengan halaman web tadi kendati applet bisa ditampilkan dalam halaman web tersebut. Java applets pertama kali dikenalkan pada tahun 1995 dengan menggunakan versi pertama bahasa Java.  Sekarang ini, Java applet dapat ditulis dengan bahasa program mana saja yang akan dikompilasi dalam Java bytecode, meskipun biasanya ditulis dalam bahasa Java. (http://en.wikipedia.org/wiki/Java_applet)

Dalam post ini akan dibahas beberapa contoh applet yang bisa didapatkan dari web fruedenthal institute yang akan merupakan lembaga yang mengembangkan RME. alamat websitenya adalah (http://www.fisme.science.uu.nl/publicaties/subsets/en/).



  1.   Broken calculator (http://www.fisme.science.uu.nl/toepassingen/03363/)

interface applet broken kalkulator

 Banyak guru matematika yang sangat tidak sepakat dengan penggunaan kalkulator di dalam kelas. Tapi, kalkulator yang satu ini sangat bagus untuk dicoba, bahkan ketika guru hanya memberikannya sebagai permainan selingan kepada siswa tanpa menggunakan programnya secara online.

Idenya adalah siswa dapat menemukan operasi dengan hasil yang sudah ditentukan menggunakan kalkulator. Tantangannya adalah  tidak semua tombol dalam kalkulator itu dapat digunakan.
Permainan ini dapat melatih number sense siswa, dan juga melatih siswa dalam menuliskan operasi bilangan, dalam hal ini aturan pengerjaan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan kurung.
Ini salah satu soalnya.
 
contoh soal broken calculator



Permainan ini adalah permainan yang berkaitan dengan perkalian dan konsep dari perkalian yang merupakan penjumlahan berulang.

Interface permainan ini


Siswa hanya diminta untuk menghitung berapa hasil perkalian dan menghubungkannya dengan total harga perangko yang ditempel.
contoh soal dalam permainan ini
Permainan ini sebenarnya bisa efektif dalam belajar perkalian, hanya saja kurang sesuai dengan keadaan di Indonesia, karena harga perangko di Indonesia berkisar pada ribuan, cukup berbeda dengan yang ada pada soal pada applet ini. Kendati demikian, ide permainan ini bisa dipakai oleh guru dalam mengajarkan perkalian.
interface ketika jawaban benar



0 komentar:

Posting Komentar