30/09/13

TIC TAC GO Penjumlahan
paper based applet


belajar sambil bermain adalah salah satu metode yang bisa dipakai guru dalam mengajar matematika, terutama untuk siswa kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3 sekolah dasar). pembelajaran yang efektif dan dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan akan membuat siswa lebih menyukai matematika dan tidak takut lagi pada matematika.

di sini akan ada salah satu Applet yang telah saya sebutkan post sebelumnya yang dibuat ke dalam paper based, jadi guru tidak membutuhkan koneksi internet untuk memakai games ini. games ini berjudul tic tac go penjumlahan. di Indonesia tic tac go lebih dikenal oleh anak-anak sebagai permainan SOS.

permainan tic ta go ini sama dengan permainan tic tac go pada umumnya, hanya saja aturan permainannya dimodifikasi untuk pembelajaran penjumlahan bilangan kurang dari 20. permainan ini secara online dapat dimainkan di make five (tic tac go penjumlahan)  .

permainan ini cocok untuk siswa kelas 2 sekolah dasar yang telah belajar mengenai penjumlahan 1 - 20. permainan ini bisa dimaksudkan untuk latihan memperlancar penjumlahan 1 - 20.

aturan permainan
  1. alat yang digunakan adalah papan permainan tic tac go, dan seperangkat kartu bilangan yang akan dipakai sebagai soal yang akan dijawab. papan tic tac go dapat diperoleh di kartu penjumlahan dan kartu bilangan bisa diperoleh di kartu bilangan. (kartu bilangan sebaiknya dicetak menggunakan kartu tebal sehingga bisa dipakai berulang kali)
  2. Permainan dilakukan oleh dua orang pemain dengan memakai tanda yang berbeda, dan seorang wasit. 
  3. pemain 1  menggunakan tanda O dan pemain 2 menggunakan tanda X.
  4. wasit bertugas untuk membagikan kartu bilangan dan mengoreksi jawaban peserta.
  5. permainan dilakukan bergantian antara pemain 1 dan pemain 2 dengan memberi tanda (sesuai tandanya masing-masing) pada kotak hasil penjumlahan yang hasilnya tercantum di kartu bilangan. misalnya kartu menunjukan bilangan 6 artinya pemain dapat memberi tanda pada kotak (5 + 1, 4 + 2, 3 + 3, 2 + 4, atau 5 + 1)
  6. kotak yang telah ditandai tidak boleh ditandai lagi.
  7. pemain yang menang adalah pemain yang bisa membuat 5 tanda secara vertikal atau horizontal.
  8. pemain diperbolehkan untuk menjegal pemain lawan dengan menutup jalan.

permainan ini sangat mudah dilakukan dan cukup menyenangkan dilakukan di sela jam pelajaran.
semoga permainannya bermanfaat dan selamat mencoba. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar