01/12/13

Permainan Logika Matematika
Lanjut


Nah, dulu sudah kenalan dengan Sudoku dan kakuro, kali ini postingan ini akan membahas dua permainan lain yang nggak kalah asyik dan yang pasti cocok untuk dipakai di kelas.
3. Fubuki
Yang pertama akan dibahas di postingan ini adalah fubuki. Permainan ini mirip dengan kakuro yang menggunakan prinsip penjumlahan dan perkalian. Selain itu, permainan ini juga masih menggunakan grid hanya saja ukuran grid yang dipakai berbeda. Jika kakuro ukuran gridnya bisa bervariasi, ukuran grid fubuki hanyalah 3 x 3.
Source: http://www.mathinenglish.com

Untuk aturan permainan dan cara permainannya sama saja dengan Sudoku dan kakuro, pemain hanya diminta untuk memasukkan angka 1 – 9 ke dalam grid-grid itu dengan ketentuan tidak boleh ada angka berulang tentunya.
Permainan ini bisa dibilang aturan permainannya lebih mudah dari dua permainan sebelumnya, karena di sini hanya satu set bilangan (1 – 9) saja yang dipakai. Lebih jauh lagi, permainan ini memungkinkan penyelesaiannya juga lebih cepat, karena jumlah soal yang lebih sedikit
Untuk mendapatkan versi printable dari math in English bisa klik Fubuki
Untuk mendapatkan beberapa contoh fubuki dari web silahkan klik  Jeuxflashfubuki, Math in English, The Puzzleclub.com,

4. Shikaku
Permainan ini merupakan permainan lain dari jepang yaitu Shikaku (四角に切れ (Shikaku Ni Kire)) punya nama lain yaitu rectangles. Permainan ini berbeda dengan permainan sebelumnya yang masih berhubungan dengan perhitungan aritmatika. Namun, permainan ini tetap saja membutuhkan tenaga ekstra dalam menyelesaikan permasalahannya.

source http://cdn.marketplaceimages.windowsphone.com
Permainan ini merupakan permainan grid, di mana pemain diharuskan untuk membagi grid tadi menjadi persegi atau persegi panjang dengan banyak kotak bergantung dari bilangan yang ditulis. Misalnya tertulis “8” di dalam grid, artinya pemain bisa memiliki alternatif persegi panjang berukuran 8 x 1, atau 2 x 4 kotak. Jika tertulis angka 4, maka pemain bisa mendapatkan persegi 2 x 2, atau persegi panjang 4 x 1. Pemain diharuskan untuk menyelesaikan permainan ini dengan menemukan semua persegi dan atau persegi panjang yang ditentukan oleh soal permainan ini.
Math in English menyebutkan bahwa bilangan prima adalah bilangan yang paling mudah dicari bentuk persegi atau persegi panjangnya. Hal ini dikarenakan sudah bisa dipastikan bahwa bilangan prima hanya akan memiliki sebuah bentuk yaitu persegi panjang dengan ukuran 1 x bilangan itu sendiri. Contohnya, 5, bentuk persegi panjang yang mungkin hanya 1 x 5 (atau sebaliknya).
Sebenarnya permainan ini lebih mirip dengan puzzle, tetapi guru dapat memanfaatkan permainan ini dalam pembelajaran mengenai luas dan keliling persegi dan persegi panjang tentunya.  
Untuk mendapatkan versi printout dari math in English bisa didapatkan di shikaku
Untuk tahu lebih jauh tentang permainan ini silahkan buka Math in English, Nikoli website,

Untuk sekarang, rasanya sekian dulu permaian yang bisa dimanfaatkan. Untuk dapat permainan lain, tunggu postingan berikutnya ya.
^__^

0 komentar:

Posting Komentar